Persiapan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun pelajaran 2018/2019 tinggal beberapa hari lagi. Ujian nasional untuk jenjang SMP/MTs dilaksanakan selama 4 hari yaitu dimulai tanggal 22 April 2019 dan berakhir tanggal 25 April 2019. Untuk lebih jelasnya lihat jadwal di bawah ini.
Seperti biasanya, siswa dan guru dilingkungan pesantren dalam menghadapi UNBK melakukan berbagai persiapan dengan harapan mudah-mudahan dalam pelaksanaannya berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik. diantara adalah; melakukan do'a bersama (istighotsah), sowan ke kiyai, minta do'a orang tua, mengadakan bimbingan UN, Mengikuti Try Out.

Selain itu, ada beberapa tips yang disampaikan kepada pada siswa agar sukses menghadapi UNBK, yaitu :

1.               Baca Ulang Materi Pembelajaran
Pastinya, saat UNBK siswa akan menghadapi soal-soal dari materi yang telah dipelajari di kelas. Oleh sebab itu, harus membaca ulang materi-materi yang telah dipelajari.
Fungsinya tentu untuk menyegarkan ingatan akan materi pembelajaran. Setelah sekian lama belajar, pasti ada saja materi pembelajaran yang lupa. Dengan membaca ulang materi pembelajaran maka akan kembali ingat materi tersebut.
Membaca ulang materi itu kiranya harus dimulai dari pelajaran terakhir yang dipelajari di kelas. Setelah memahami materi tersebut, barulah pelajari materi-materi lampau. Jangan sampai tidak mempelajarinya karena kemungkinan materi lama akan muncul dalam soal UNBK.

2.               Mengadaptasikan Diri dengan Komputer

Namanya UNBK pastinya dilaksanakan dengan menggunakan komputer. Oleh sebab itu, harus sudah bisa menguasai penggunaan komputer. Tentu juga harus tahu istilah-istilah komputer.
Untuk itu, mulai dari sekarang sudah harus terbiasa menggunakan komputer. Mulailah mempelajari penggunaan komputer. Mulai dari cara menyalakannya hingga melengkapi pengetahuan akan istilah komputer.
Ada beberapa hal yang harus dikuasai. Pertama ialah cara login. Sebab, untuk mengikuti UNBK, siswa harus bisa login pada laman khusus. Siswa harus sudah mengetahui mekanisme login UNBK. Cari informasi mengenai pelaksanaan UNBK terdahulu, baik itu dari guru maupun dari kakak kelas yang sudah lulus.
Kedua,  sudah memahami istilah komputer. Berbagai pengetahuan istilah komputer bisa  ketahui dari banyak sumber. Coba-cobalah searching agar  tidak gagap saat mendapat penjelasan pelaksanaan UNBK saat pelaksanaannya nanti.
Dan, terakhir, terbiasalah dengan layar komputer. Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan stamina  saat pengerjaan soal. Jangan sampai mata  letih saat mengerjakan UNBK nantinya.

3.               Mempersiapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik cukup penting kalau  ingin mendapatkan hasil maksimal pada pelaksanaan UNBK 2018 nanti. Untuk itu,  harus menjaga kesehatan dan kebugaranmu. Kalau  senang berolahraga, gunakan hobi  tersebut untuk menjaga kebugaran.
Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, latihlah kekuatan stamina mata. Jangan sampai mata  cepat lelah saat menatap layar komputer.
Untuk melatihnya,  jangan ngoyo dan memaksakan diri menatap terlalu lama layar komputer. Cukup membiasakan diri dengan pancaran cahaya dari layar. Kalau  menatap terlalu lama layar komputer tentunya akan berdampak negatif, salah satunya ialah mengurangi daya penglihatanmu.
Tak lupa,  juga harus menjaga kesehatan saat menjelang waktu pelaksanaan UNBK. Jangan sampai  sakit dan tidak bisa mengikuti UNBK !
Persiapan mental juga tidak kalah penting lho! Sebab, kalau mental  tak terlatih maka akan menyebabkan kepanikan saat pelaksanaan UNBK.
Melatih mental untuk menghadapi UNBK cukuplah mudah. Pertama,  harus terbiasa bersikap tenang dalam situasi apapun. Ketika  panik, biasakan untuk menarik nafas panjang dan menghembuskan nafas perlahan. Melakukan itu pastinya akan membuat  lebih tenang.
Selanjutnya, latihlah kepercayaan dirimu. Untuk melatihnya,  cukup membiasakan diri yakin akan apapun yang  kerjakan. Dengan sering melatih kepercayaan dirimu maka  akan terbiasa tenang dan yakin ketika mengerjakan suatu hal.
Jadi, persiapan fisik dan mental cukup penting untuk menghadapi UNBK 2018. Kalau  tidak melakukan persiapan itu, maka  akan panik dan lelah saat pelaksanaan UNBK.

4.               Seringlah Mengerjakan Latihan Soal

Nah, inilah persiapan wajib yang jangan sampai  lakukan. Tanpa melakukan latihan soal pastinya  tidak akan siap menghadapi ragam soal yang muncul.
Latihan soal itu akan memberikan banyak insight ragam soal yang mungkin keluar saat UNBK. Sering menghadapi latihan soal maka  bisa memprediksi materi apa saja yang muncul nanti.
Selain itu, latihan soal akan memberikan  kesempatan untuk menyusun strategi dalam mengerjakan soal. Strategi itu akan membantu  memaksimalkan waktu pengerjaan soal sehingga tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk mengerjakan satu soal.

Artikel Terkait

Persiapan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email